KETERLIBATAN BELAJAR ONLINE MAHASISWA AKUNTANSI PADA PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA: ANALISIS BERDASARKAN EFIKASI DIRI MEDIA SOSIAL

Penulis

  • Renna Magdalena Universitas Pelita Harapan
  • Josephine Kurniawati Tjahjono Universitas Pelita Harapan

Kata Kunci:

Akuntan, Efikasi Diri Sosial Media, Keterlibatan Belajar Online

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara efikasi diri media sosial dengan
keterlibatan belajar pada mahasiswa akuntansi. Media sosial adalah sumber daya pendidikan
yang penting dan secara luas dianggap sebagai bagian integral dari komunitas pembelajaran
online. Keterlibatan dalam pembelajaran adalah ukuran penting untuk menentukan
keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini menguji data kuesioner dari 103 mahasiswa
Akuntansi yang mampu secara mandiri memanfaatkan media sosial untuk pembelajaran
online. Penelitian ini menggunakan dua uji statistik. Uji statistik yang pertama adalah analisis
korelasi yang dirancang untuk mengetahui adanya hubungan antara efikasi diri media sosial
dan keterlibatan dalam pembelajaran. Uji kedua adalah Uji beda t-test untuk memastikan
perbedaan keterlibatan belajar antara mahasiswa dengan efikasi diri media sosial tinggi dan
mahasiswa dengan efikasi diri media sosial rendah. Temuan penelitian ini diharapkan dapat
memberikan panduan dan konteks bagi pendidik akuntansi pada saat mereka merancang
pelajaran untuk meningkatkan efikasi diri media sosial mahasiswa dan dengan demikian
meningkatkan keterlibatan mahasiswa Akuntansi dalam pembelajaran online.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-20