PENGARUH MEDIA TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MAHASISWA PROGRAM STUDY PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI BANGKALAN DALAM BERWIRAUSAHA

Penulis

  • Octaviana Arisinta STKIP PGRI Bangkalan

Kata Kunci:

Minat Berwirausaha, Media Teknologi, Pendidikan Kewirausahaan

Abstrak

Saat ini kita menghadapi kenyataan bahwa jumlah wirausahawan Indonesia masih sedikit dan mutunya belum bisa dikatakan hebat, sehingga persoalan pembangunan wirausaha Indonesia merupakan persoalan mendesak bagi suksesnya pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Media Teknologi dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Mahasiswa Program Study Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Bangkalan Dalam Berwirausaha.
Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Bangkalan semester VI yaitu sebanyak 63 Mahasiswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 33 Mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Media teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan hasil uji t hitung media teknologi sebesar 2.772 sehingga Ha diterima, (2) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan hasil uji t hitung sebesar 5,173 sehingga Ha diterima, (3) Hasil uji simultan diperoleh F hitung sebesar 26,148 dengan signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel media teknologi dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha.

Diterbitkan

2021-04-30