Implementasi Data Mining Untuk Strategi Penjualan Pada Menu Warkoppitulikur Dengan Menggunakan Metode Association Rule

Authors

  • Andika Dany Prasetiya Universitas Narotama
  • Moch. Mizanul Achlaq Universitas Narotama

DOI:

https://doi.org/10.61293/jscr.v6i1.658

Keywords:

Algoritma Apriori, Data Mining

Abstract

Warkoppitulikur merupakan usaha kuliner minuman dan makanan bernuansa rustic, bertemakan bonek dan persebaya yang berada dijalan Bagong Tambangan No.32, Ngagel, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60246. Dalam industri bisnis kuliner dan minuman pasti terjadi suatu transaksi penjualan, dan seluruh transaksi tersebut terdapat catatan yang mempunyai jumlah data yang sangat besar. Data mining merupakan suatu proses untuk menggali nilai tambah dari sekumpulan data berupa pengetahuan. Association rule atau analisis asosiasi adalah Teknik data mining untuk menemukan Teknik assosiatif antara satu kombinasi item. Pencarian pola assosiasi berawal dari pengolahan data transaksi penjualan, kemudian dicari hubungan antar produk yang dibeli. Algoritma Apriori termasuk jenis aturan pada data mining, algoritma inilah yang biasanya dipakai dalam proses data mining untuk market basic analysis. Association rule dan algoritma apriori untuk mengolah data transaksi penjualan dan pemilihan menu yang nantinya akan menghasilkan keluaran berupa relasi antar menu yang dipesan serta kecenderungan pelanggan memilih menu tersebut.

Published

2024-04-24