ANALISIS MODEL HUMAN COMPUTER INTERACTION UNTUK PENGUKURAN USER EXPERIENCE PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (STUDI KASUS: UC STUDENT APPLICATION)

Authors

  • Vania Rinabi

DOI:

https://doi.org/10.61293/jscr.v1i1.6

Keywords:

sistem informasi akademik, human computer interaction, usability, user experience, learnability, efficiency, memorability, errors, satisfaction

Abstract

Analisis usability pada sistem informasi sangat penting dilakukan untuk menghasilkan sistem yang mudah, efektif, efisien, dan tepat guna bagi penggunanya.  Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Human Computer Interaction (HCI) melalui pengukuran user experience pada sistem informasi akademik dengan menggunakan metode usability dari Jakob Nielsen yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Untuk menciptakan sistem informasi akademik, perlu memperhatikan aspek usability sebagai kunci keberhasilan dan syarat penerimaan pengguna terhadap aplikasi tersebut. Pengujian usability bertujuan untuk menentukan apakah sebuah aplikasi sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna atau belum (user experience). Pada penelitian ini dillakukan pengujian usability pada UC Student App dengan menggunakan metode wawancara. Metode wawancara dilakukan untuk mengukur user experience sehingga dapat diketahui opini pengguna terhadap UC Student App. Komponen yang diuji terdiri dari komponen learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pada penelitian ini diketahui bahwa 5 fitur penting pada UC Student App telah memenuhi 4 kriteria dari teori usability kecuali pada komponen errors.

Downloads

Published

2019-02-08