PENGEMBANGAN ALAT PENGATUR SUHU DAN KELEMBABAN RUANG SERVER BERBASIS IOT

Authors

  • Didik Tristianto Universitas Narotama
  • Mochamad Rizky AlFateh Universitas Narotama

DOI:

https://doi.org/10.61293/jscr.v4i1.525

Keywords:

iot, kelembaban, pengatur suhu

Abstract

Pada era modern ini teknologi informasi semakin maju dan juga. Penggunaan gadget atau alat modern lainnya sebagai alat yang membantu mempermudah aktivitas manusia sehari – hari [1] dalam hal pekerjaan dan juga bisa dijadikan hiburan yang seakin hari semakin berkembang.
Contohnya seperti saat ini berkomunikasi dari jarak jauh saja dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu video call [2], mengirimkan file kepada client pun bisa dilakukan dengan waktu yang sangat singkat, mencari informasi pun menggunakan searce engine dengan sangat cepat dan tentusaja sangat akurat, bermain game pun bisa dengan teman secara langsung pun bisa dilakukan dari jarak yang jauh. Semua hal tersebut bisa dilakukan oleh karenanya adanya system - sistem yang mengatur jalannya informasi, dan menyediakan database.
Aplikasi yang memantau lingkungan IoT sering menggunakan sensor untuk membantu melindungi lingkungan. Misalnya, penerapannya dilakukan dengan mengontrol kualitas udara atau air, kondisi atmosfer atau tanah, bahkan dapat mencakup pemantauan spesies satwa liar dan habitatnya.
Salah satu contoh keberadaan IoT di dunia kesehatan adalah untuk mendukung proses perekaman data detak jantung, pengukuran gula tubuh, pengecekan suhu tubuh, dan lainnya[3].

Published

2022-05-03