PEMANFAATAN KINERJA CAMTASIA STUDIO SEBAGAI MEDIA PEREKAM MATERI PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER

  • Didik Tristanto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama, Surabaya, Indonesia

Abstract

Salah satu kesulitan belajar siswa dalam menerima pelajaran komputer adalah bagaimana siswa dapat mencatat, merekam dan mengingat semua pelajaran yang telah diberikan. Di lain pihak media mencatat di Indonesia sangatlah sederhana, hanya menggunakan buku tulis dan pensil/bolpoint. Sedangkan pelajaran komputer sangat membutuhkan media yang dapat merekam informasi audio visual. Perumusan masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah sampai dimana tingkat efektivitas Camtasia Studio digunakan sebagai sarana perekam pengalaman belajar siswa dalam pelajaran komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah mengatasi keterbatasan siswa dalam merekam informasi audio visual pelajaran komputer yang telah diberikan guru/pengajar selama proses belajar mengajar berlangsung. Dengan adanya media perekam yang dapat merekam semua aktivitas yang dilakukan siswa maka diharapkan siswa dapat mengulang di rumah pelajaran yang di dapatkan di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pertama adalah dengan menerapkan Camtasia Studio pada kelas ekspereimen yaitu memberikan hasil rekaman pelajaran setelah pelajaran selesai, dan tidak memberikan perlakuan apapun pada kelas kontrol. Penerapan ini dilakukan untuk beberapa program komputer pada mata pelajaran komputer yang diajarkan guru/pengajar di sekolah. Langkah kedua adalah dengan mengamati hasil evaluasi dan respon siswa terhadap pemakaian Camtasia Studio dalam mata pelajaran komputer yang diajarkan
guru/pengajar di sekolah. Selanjutnya adalah menganalisa hasil evaluasi untuk mengetahui tingkat efektifitas Camtasia Studio sebagai perekam pengalaman belajar dalam membantu siswa pada pelajaran komputer

Published
2022-01-12