https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/anggapa/issue/feed Anggapa Journal- Building design and architecture management studies 2024-01-02T15:33:43+07:00 Muhammad Shofwan Donny Cahyono, S.ST., M.T. anggapa@widyakartika.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Anggapa Journal: Building designs and architecture management studies </strong>is a medium of scholarly publication published by the Faculty of Engineering, Widya Kartika University Surabaya, in collaboration with Indonesia Architect Association of [IAI] East Java Region. It serves several goals i.e., being a medium of communication, dissemination and exchange of information, and a medium of publishing scholarly research in the field of Architecture and Civil Engineering. <strong>Anggapa Journal </strong>is published with the frequency of publishing two times a year, in <strong>April</strong>, and <strong>November</strong>.&nbsp; <span class="serial-item serialDetailsEissn">Articles can be accepted in 2 languages [Indonesian and English]. </span></p> <p><strong>Anggapa Journal: Building designs and architecture management studies </strong>cover general as well as specific issues in the field of Architecture such as (1) Theory, History, Architectural Design; (2) Architectural Science and Technology; (3) Urban Architecture and Design; (4) House and Housing Architecture; (5) Interior and Exterior Design and also civil engineering fields. (6)Structural Engineering, (7)Geotechnical Engineering, (8)Hydraulic and Water Resources Engineering, (9)Transportation Engineering, and (10)Construction Management</p> <p>&nbsp;</p> https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/anggapa/article/view/618 Perencanaan dan Perancangan Taman Rekreasi Alam di Surabaya dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku 2023-11-30T10:24:19+07:00 Daniel Alexander alexander8daniel@gmail.com Ririn Dina Mutfianti ririndina@widyakartika.ac.id Hana Rosilawati hanarosilawati@widyakartika.ac.id <p>Perencanaan dan perancangan taman rekreasi alam di Surabaya dengan pendekatan arsitektur perilaku dilatarbelakangi oleh belum optimalnya wadah rekreasi alam di Kota Surabaya yang ditandai oleh terjadinya kasus kecelakaan dalam berekreasi di Kenjeran Park, Surabaya. Oleh sebab itu, tujuan utama dari perancangan ini adalah memberikan usulan perancangan taman rekreasi alam di Surabaya yang berwawasan arsitektur perilaku. Untuk menjawab tantangan ini, metode desain oleh Donna P. Duerk digunakan agar alur desain terarah dengan efektif. Pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif, berupa pengukuran luas dan dimensi-dimensi, serta secara kualitatif berupa pembelajaran kondisi perilaku, sosial budaya dan kebutuhan ruang. Lokasi perencanaan dan perancangan terpilih di Jalan Lingkar Luar Timur, Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Indonesia. Hasil analisis data memberikan sintesa berupa konsep makro dan mikro dengan pendekatan arsitektur perilaku. Hasil analisis tersebut memberikan rekomendasi penggunaan konsep makro sungai. Mikro konsep bentuk dihubungkan dengan persepsi lingkungan yang menghasilkan bentuk gua, akar pohon, dan pohon. Mikro konsep ruang dengan kognisi spasial yang menghasilkan tatanan ruang memusat untuk membantu pengunjung mengetahui posisinya dalam site. Mikro konsep tatanan dengan persepsi lingkungan dalam budaya berekreasi yang menghasilkan tatanan massa secara linear dengan peletakan pintu masuk dan pintu keluar yang berdekatan, yang mengacu pada bentukan arah arus aliran sungai yang linear.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Anggapa Journal- Building design and architecture management studies https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/anggapa/article/view/619 Perencanaan dan Perancangan Panti Werdha dengan Tema Arsitektur Perilaku di Kecamatan Sukolilo, Surabaya 2023-11-30T10:37:45+07:00 Melvin Antonius Wijaya melvinantonius17@gmail.com Shirleyana shirleyana@widyakartika.ac.id Hana Rosilawati hanarosilawati@widyakartika.ac.id <p>Pada masa tuanya, lanjut usia (lansia) mengalami berbagai penurunan aspek seperti aspek biologis, psikologis, dan sosialnya. Dengan adanya peningkatan populasi lansia di Kota Surabaya, kebutuhan akan Panti Werdha juga bertambah. Maka, dengan adanya perencanaan dan perancangan Panti Werdha di Kota Surabaya dengan tema Arsitektur Perilaku akan membantu mewadahi aktivitas lansia dan kebutuhan akan Panti Werdha. Metode perancangan yang digunakan adalah Architectural Programming yang terdiri dari tahap persiapan, identifikasi masalah, pengumpulan data primer dan sekunder, analisa, konsep perancangan hingga desain arsitektur. Lokasi perancangan berada di Jalan Puri Sukolilo Taman Kota Surabaya. Tema Arsitektur Perilaku diwujudkan berupa perilaku spasial pada konsep mikro bentuk, teritorialitas pada konsep mikro ruang, serta penerapan teritorialitas dan privasi pada konsep mikro tatanan massa. Hasil penerapan konsep kedalam desain adalah terdesain tiga jenis massa bangunan yang memiliki bentuk berbeda-beda agar lansia tidak kehilangan arah, penataan ruang dan desain penanda pada ruang yang memudahkan lansia untuk berorientasi, serta penataan massa yang ditata untuk memberikan kesan terlindungi secara privasi bagi lansia. Perencanaan dan Perancangan Panti Werdha dibuat dengan mempertimbangkan berbagai kajian dan analisa, maka diharapkan perancangan Panti Werdha menjadi lebih optimal.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Anggapa Journal- Building design and architecture management studies https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/anggapa/article/view/620 Pengukuran Desain Ketahanan Bangunan Baja Tahan Gempa Menggunakan SAP 2000 2023-11-30T10:48:56+07:00 Ricardo Salim ricardosalim02@gmail.com Reynaldo Pratama Intan reynaldo@widyakartika.ac.id Norman Ray normanray@widyakartika.ac.id Muhammad Shofwan Donny Cahyono shofwandonny@widyakartika.ac.id <p>Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya bencana di Indonesia, wilayah yang rawan gempa, perlu dibangun struktur yang tahan gempa. Secara umum, pengaturan obstruksi gempa tremor tergantung pada penyelidikan primer yang fleksibel dengan menerapkan variabel beban untuk mereproduksi kondisi ekstrim (ekstrim). Namun, struktur runtuh menunjukkan perilaku inelastis selama gempa bumi. Untuk menjamin kinerja gedung yang memuaskan saat terjadi gempa, diperlukan evaluasi untuk memperkirakan perilaku inelastisnya. Analisis pushover yang merupakan bagian dari program SAP2000 dapat digunakan untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja ini. Namun demikian, dengan pengecualian metode Spektrum Kapasitas, poin-poin evaluasi kinerja harus ditentukan secara manual dengan menggunakan berbagai pendekatan. Perilaku keruntuhan struktur sebagai respons terhadap gempa dijelaskan dengan analisis pushover (beban dorong statis), analisis statik nonlinier. Titik unjuk kerja adalah perpindahan maksimum yang terjadi pada suatu struktur saat terjadi gempa sesuai rencana. Studi kasus pada portal baja 3D sampai pada kesimpulan bahwa metode Spektrum Kapasitas (ATC 1996) memberikan nilai terendah (non-konservatif), sedangkan metode Koefisien Displacement FEMA-356 (ASCE 2000) adalah salah satu yang digunakan untuk menghitung poin kinerja. Pemeriksaan lemah juga menunjukkan bahwa ada kontras dalam kelenturan pintu masuk ke segala arah, yang merupakan data penting untuk memperkirakan kemungkinan gempa besar.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Anggapa Journal- Building design and architecture management studies https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/anggapa/article/view/621 Analisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Bus Trans Jawa Timur Koridor II Trayek Terminal Purabaya Surabaya – Terminal Kertajaya Mojokerto 2023-11-30T10:57:44+07:00 I Gusti Ngurah Shindu Aditya adityashindu10@gmail.com Muhammad Shofwan Donny Cahyono shofwandonny@widyakartika.ac.id Yoanita Eka Rahayu yoanitarahayu@widyakartika.ac.id <p>Program transportasi publik Trans Jawa Timur Koridor II adalah upaya pemerintah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan perhatian dari masyarakat luas. Selain jawaban tuntutan masyarakat terhadap kurangnya sarana angkutan umum khususnya antar kota rute dekat Surabaya – Mojokerto, program ini juga diharapkan dapat mengatasi kemacetan yangakerap terjadi di jalan antar kota rute dekat Surabaya – Mojokerto. Data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu dengan cara membagikan lembar kuesioner kepada calon penumpang angkutan bus rapid transit (BRT) Jawa Timur kemudian data dianalisis, hasil data yang telah dianalisis dapat diketahui besarnya biaya operasional kendaraan (BOK), mengetahui daya beli penumpangadari kemampuan (ability to pay) dan kemauan penumpang untuk membayar tarif yang akan diberlakukan. Hasil analisis data menunjukan tarif berdasarkan BOK Rp 2.376,00 untuk bus besar menggunakan merk Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dan Rp 2.163 untuk bus sedang menggunakan merk HINO R260. Sedangkan, berdasarkan hasil pengumpulan data, tarif yang akan berlaku saat ini menurut ATP dan WTP sebesar Rp 3.000,00 – Rp 5.000,00 untuk semua kalangan. Dapat diambil kesimpulan bahwa antara kemampuan (ability to pay) dan kemauan (willingness to pay) membayar jasa adalah sama atau seimbang. Jika tarif yang akan berlaku lebih besar dibandingkan tarif resmi yang diterapkan oleh pemerintah, maka tarif tidak mempengaruhi minat dari masyarakat dalam menggunakan jasa angkutan umum bus Trans Jawa Timur Koridor II.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Anggapa Journal- Building design and architecture management studies https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/anggapa/article/view/622 Analisis Jumlah Pengguna Kereta Api Komuter Sidoarjo – Indro 2023-11-30T11:04:20+07:00 Julius Richard Gunawan juliusricardg@gmail.com Muhammad Shofwan Donny Cahyono shofwandonny@widyakartika.ac.id <p class="custom-cursor-default-hover">Kereta api ialah serangkaian angkutan dalam bentuk gerbong berkaitan satu sama lain dan memanjang yang ditarik di atas rel. Transportasi kereta berbahan bakar batu bara, listrik, dst. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) biasa disingkat KAI yakni perusahaan milik NegaraIndonesia yang menyediakan jasa angkutan penumpang dan barang yang telah berada<br />di berbagai daerah Indonesia setelah beroperasi sejak 28 September 1945. Kereta Api Sindro adalah singkatan dari Kereta Api Sidoarjo-Indro yang berarti transportasi ini melalui rute keberangkatan dari Stasiun Sidoarjo hingga sampai di pemberhentian Stasiun Indro. Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk menganalisis jumlah kepadatan penumpang pada jamjam tertentu, waktu operasi Kereta Api Sidoarjo Indro dengan metode yang digunakan yaitu<br />survei lapangan. </p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Anggapa Journal- Building design and architecture management studies https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/anggapa/article/view/634 Perencanaan dan Perancangan Pusat Aquascape dan Ikan Hias di Surabaya dengan Pendekatan Arsitektur Kontemporer 2024-01-02T15:33:43+07:00 Ririn Dina Mutfianti ririndina@widyakartika.ac.id Khrisna Mulyanto krisnamulyanto76@gmail.com Ary Dwi Jatmiko arydeejee@widyakartika.ac.id Risma Andarini risma.andarini@widyakartika.ac.id <p>Aquascape dan Ikan Hias merupakan suatu kegemaran yang baru saja dikenal oleh<br>masyarakat. Di Surabaya belum ada Pusat Aquascape dan Ikan Hias yang memadai sesuai<br>dengan kebutuhan para penggemarnya, sedangkan para penggemarnya semakin bertambah<br>dan beragam. Melalui pendekatan arsitektur kontemporer desain Pusat Aquascape dan Ikan<br>Hias dilakukan dengan menggunakan data dan wawancara mendalam, untuk dianalisis<br>dengan metode kualitatif. Analisis yang dilakukan meliputi program ruang dan kebutuhan<br>fasilitas pengguna penggemar dan pelaku Aquascape dan ikan hias, menganalisis site yang<br>dipilih sebgai lokasinya serta membuat studi bentuknya. Hasil analisis memberikan<br>rekomendasi berupa draft desain Pusat Aquascape dan Ikan Hias. Gambar Pra rancangan yang<br>dihasilkan adalah layout plan, site plan, tampak site dan potongan site.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Anggapa Journal- Building design and architecture management studies